Posted by : emeeels Saturday 12 October 2013

Manfaat Serta Efek Kunyit Untuk Tubuh-Kunyit mungkin kata yang tak asing lagi untuk kita dengar, kunyit sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Dalam tanaman kunyit terkandung senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin serta zat- zat manfaat lainnya, seperti mnyak asiri volatil oil, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalsium, kini selain digunakan untuk perawatan kecantikan, kunyit juga digunakan untuk kesehatan. Penyakit Yang Dapat Diobati oleh Kunyit kunyit dapat mengobati beragam penyakit seperti diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan, Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Amandel dan Memperlancar asi, tak hanya itu, kunyit ternyata juga dapat mengatasi penyakit Alzheimer, yaitu sejenis penyakit pikun yang umum terjadi pada manusia yang mulai memasuki usia tua dimana kondisi fisik otaknya mulai menurun. Namun Oleh ibu-ibu kunyit sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan seperti gulai, soto, sayur lodeh, atau juga sering dijadika pewarna alami dalam pembuatan nasi kuning.

Berikut adalah manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:

1. Pengobatan Diabetes mellitus.  Cara pengobatannya : Ambil 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam. Kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. setelah itu diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

2. Untuk Sakit Tifus. Caranya : Siapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Lalu semua bahan  ditumbuk halus dan diperas untuk diambil airnya, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring. Diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut. Atau yang paling sederhana ambil 1 rimpang kunyit parut, kemudian peras tanpa diberri air, kemudian air perasan kunyit tadi ditambahi madu aduk rata. Kemudian minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore.

3. Untuk Disentri. Caranya ambil 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Lalu semua bahan  direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Diminum dan diulangi sampai sembuh.

4. Perut Mulas pada saat Haid. Caranya ambil 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Kemudian semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring. Bisa juga ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid. atau mungkin madu asli.

5. Memperlancar ASI. Caranya 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus, kamdianunakan: Dioleskan sebagai kompres diseputar payudara 1 kali setiap 2 hari.

6. Cangkrang (Waterproken) Caranya 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.

7. Berak Lendir (Disentri) Caranya 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih. Kemudian direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Lalu Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

8. Mencret Caranya Rimpang kunyit 1/2 jari; Rasuk angin 1/2 sendok teh; Ketumbar 3 biji; Buah kayu ules 1 biji; daun trawas 1 helai, Campuran ditumbuk; ditambah air 115 ml dan dididihkan; kemudian disaring, Diminum pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml

9. Kunyit bersifat antiseptic dan antibakteri, Dengan kedua sifat ini, kunyit dapat berperan sebagai desinfektan untuk luka biasa ataupun luka bakar.

10. Kombinasi kunyit dan kembang kol dipercaya dapat mencegah tumbuh dan berkembangnya kanker prostate.

11. Pada uji coba klinis, penyuntikkan ekstrak kunyit kedalam tikus yang sudah dimasukkan sel-sel kanker payudara. Menunjukkan bahwa ekstrak tersebut dapat menghentikkan penyebaran sel-sel kanke pada tikus tersebut.

12. Kunyit dapat melindungi kulit dari serangan kanker kulit dan menyebabkan sel melanoma mati dengan sendirinya.

13. Dapat mengurangi resiko leukemia.

14. Sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan racun secara alami dlm hati.

15. Dapat mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit Alxheimer dengan cara mengurangi penumpukkan plak di otak amyloyd

16. Dapat mencegah metastasis dari terjadinya berbagai bentuk kanker

17. Bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi tanpa efek samping

18. Memperlambat perkembangan multiple sclerosis

19. Dapat menghilangkan rasa sakit secara alami

20. Dapat membantu dalam metabolisme lemak dan membantu dalam manajemen berat badan.

21. Digunakan oleh sebagaian besar tabib cina sebagai obat depresi

22. Dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk arthritis dan rheumatoid arthritis.

23. Digunakan sebagai obat untuk mengurangi efek dari pengobatan kemotrapi

24. Sebagian peneliti meyakini bahwa kunyit dapat digunakan sebagai salah satu obat kanker pancreas

25. Studi sedang berlangsung dalam efek positif dari kunyit pada multiple myeloma.

26. Salah satu hasil penelitian menyebutkan bahwa kunyit dapat menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor.

27. Dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan membantu dalam remodeling kulit rusak.

28. Dapat digunakan dalam pengobatan psoriasis dan kondisi kulit inflamasi lainnya.

29. Kunyit dapat mengoabti Usus Buntu: Resep bahan 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa aren, garam secukupnya cara membuat kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas kemudian disaring cara menggunakan : diminum setiap pagi setelah makan secara teratur.

30. Mencegah rasa tidak nyaman dimulut seperti sariawan: Bengkak pada mulut, dan gatal-gatal pada tenggorokan. Bersihkan kunyit terlebih dahulu, lalu parut kunyit dan campurkan air perasannya dengan sedikit garam. Lakukan terus sampai rasa sakit hilang.

31. Akar kunyit dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik: Dan bengkak-bengkak pada tubuh Anda. Karena kunyit mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, kunyit dipercaya dapat menurunkan kolesterol, dan menyempitkan arteri, selain itu kunyit dapat mencegah penyakit serangan jantung mendadak.

32. Kunyit dapat mencegah panas dalam: Resep Ambil 1 biji kunyit yang agak besar, lalu bersihkan kunyit sampai tidak tersisa lagi bekas tanah yang menempel. Kuliti sampai bersih, parut kunyit sampai mempunyai bagian-bagian yang kecil. Sisihkan. Ambil gula merah dan potong secukupnya, campurkan keduanya bersamaan dengan menggunakan air panas. Aduk dan sampai terlihat mengental, lalu parutan kunyit tadi Anda saring, dan minum selagi hangat. Lakukan terus, sampai panas dalam Anda hilang.

33. Kunyit dapat mencegah keputihan: Resep Ambil 2 ruas kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang asam, sepotong gula aren. Bersihkan dulu semua bahan, lalu bahan direbus secara bersamaan sampai air mendidih, jika sudah mendidih, saring bahan dan minumlah secara rutin, satu gelas per hari.

34. Kunyit dapat mengobati Sakit Keputihan: Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa / are Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih kemudian disaring cara menggunakan diminum 1 gelas sehari.

35. Kunyit Mencegah gatal-gatal dan penyakit kulit: Resep Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lalu parut kunyit. Ambil biji cengkeh lalu ditumbuk, parutan kunyit tadi Anda campurkan dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati. Remas-remas, lalu balurkan pada tubuh yang gatal. Untuk mencegah luka, Anda cukup mencampurkan parutan kunyit dan asam kawak, balurkan sampai luka mongering dan tidak terasa sakit lagi.

Dan berikut manfaat kunyit untuk perawatan kecantikan tubuh:

1. Menghilangkan Jerawat
Membuat masker wajah dengan kunyit untuk membantu melawan jerawat dan mendapatkan cahaya muda. Ini masker wajah tradisional yang sering digunakan oleh pengantin sebelum hari pernikahan mereka. Ini mencerahkan warna kulit Anda dan membantu mengurangi noda yang tidak sedap dipandang.Tambahkan 2 sendok makan tepung dan 1 sendok makan susu organik hangat. Kemudian tambahkan dua tetes minyak zaitun atau kelapa dan sejumput kunyit. Blender untuk membuat pasta. Oleskan tipis-tipis pada wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Cara terbaik adalah untuk menerapkan masker sebelum mandi Anda sehingga Anda bisa bilas saat mandi.

2. Mencegah Keriput
Membuat krim mata dengan kunyit dan menggunakannya setidaknya dua kali seminggu. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan tidak hanya kerutan di sekitar mata Anda, tetapi juga lingkaran hitam. Tambahkan sedikit kunyit untuk 2 sendok makan mentega. Terapkan pasta di sekitar mata Anda dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin.

3. Mengatasi Kulit Kering dan Berminyak
Untuk kulit kering, menggabungkan 1 putih telur, 2 tetes minyak zaitun, jus lemon segar dan air mawar. Tambahkan sedikit kunyit dan aduk rata. Terapkan ke semua daerah kering termasuk wajah, leher, siku dan lutut. Biarkan sampai kering. Cuci dengan air hangat. Untuk kulit berminyak, tambahkan sejumput kunyit untuk 2 sendok makan bubuk kayu cendana. Campur dengan 2 sdm susu dan 2 tetes jus lemon. Oleskan ke wajah Anda dan biarkan kering. Bilas dengan air hangat.

4. Menghaluskan Tumit
Untuk tumit yang retak, oleskan campuran 3 sendok makan kunyit dengan 3 tetes minyak kelapa. Campuran ini juga akan membantu mencegah infeksi jamur pada jari-jari kaki.

5. Kunyit untuk Pigmentasi
Jika Anda menderita bekas jerawat atau jenis hiperpigmentasi, oleskan campuran kunyit dan jus lemon ke daerah yang terkena selama 20 menit. Untuk hasil terbaik gunakan rutin setiap hari.

6. Menghilangkan Ketombe
Ketombe dan masalah kulit kepala lainnya dengan mudah diobati dengan kunyit dan minyak zaitun. Oleskan campuran ke kulit kepala Anda di kamar mandi. Biarkan selama 15 menit, lalu cuci bersih dengan shampoo alami.

Tapi tahukah kalian guys bahwa beberapa manfaat kunyit diantaranya memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan, memberi perlindungan terhadap serangan jantung dan stroke dengan mengurangi pembentukan bekuan darah, melindungi hati, dan membantu pencernaan lemak dengan meningkatkan produksi empedu. Meskipun menawarkan banyak manfaat kesehatan, ternyata kunyit juga dapat menimbulkan efek samping terutama jika digunakan dengan cara yang salah.

Berikut adalah efek-efek yang akan didapatkan oleh tubuh:


1. Gangguan lambung

Karena sifat pedas yang dimilikinya, mengonsumsi kunyit dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan lambung. Untuk membantu menghindari efek samping ini, saat mengambil suplemen kunyit, pilih yang menggunakan lapisan enterik (enteric coating) dimana suplemen larut di usus kecil sehingga tidak mengganggu lambung.

2. Merangsang rahim

Kunyit dikenal sebagai stimulan rahim yang dapat mendorong aliran menstruasi. Wanita hamil dan ibu menyusui perlu berhati-hati untuk tidak menggunakan kunyit terlalu banyak.

3. Susah diserap tubuh

Kunyit memiliki kecenderungan susah diserap oleh tubuh. Jika hendak membeli suplemen kunyit, pastikan memilih yang mengandung piperin sebagai salah satu bahan aktif. Piperin akan membantu mempermudah penyerapan kunyit sehingga tubuh akan mendapatkan manfaat maksimal.

4. Perdarahan

Kunyit diketahui menghambat penggumpalan trombosit sehingga dapat mencegah penggumpalan darah. Tapi kunyit ternyata juga dapat memicu perdarahan. Penting untuk mengambil dosis yang tepat untuk menghindari efek samping ini. Saat memilih suplemen kunyit, pilih produk yang terdaftar serta mengandung nutrisi alami tambahan sehingga semakin banyak khasiat yang akan Anda dapatkan. Penting untuk menghindari kunyit jika Anda sedang menggunakan obat antikoagulan.

5. Menurunkan efek kemoterapi

Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit mungkin memiliki efek terhadap kemoterapi, sehingga sebaiknya jangan menggunakan suplemen kunyit saat sedang menjalani kemoterapi. Salah satu cara terbaik untuk menghindari efek samping dan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kunyit adalah dengan mengonsumsi suplemen yang terbuat dari bahan alami dan bebas bahan kimia.

Demikan beberapa Manfaat Serta Efek Kunyit Untuk Tubuh semoga dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Labels

Powered by Blogger.

Translate

Categories

- Copyright © Berita Kita -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -