Posted by : emeeels Friday 11 October 2013

Manfaat Kegunaan Dari Minyak Zaitun-halo guys kali ini saya mau membahas tentang manfaat kegunaan dari minyak zaitun, kalian tau gak guys kata Zaitun berasal dari sebuah bukit di Baitul Maqaddis di negeri Syam. Minyak zaitun asli adalah ektrak pertama dari buah zaitun tanpa campuran bahan kimia dan mempunyai kadar asid yang rendah. Khasiat dan manfaat minyak zaitun asli adalah bisa mengobati berbagai penyakit. Di pasaran minyak zaitun ini dikenal dengan sebutan “Virgin Olive Oil”. Minyak zaitun hasil ekstrak merupakan pertama kali minyak yang mempunyai kualitas terbaik di dunia. Selain digunakan untuk pencegahan berbagai penyakit, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk kecantikan. Minyak zaitun juga dipakai sebagai obat dalam pengobatan tradisional yang sangat bermanfaat bagi tubuh kta. Berikut adalah beberapa kegunaan yang ada pada minyak zaitun :

Menurunkan Risiko Terjadinya Penyakit Jantung
Minyak zaitun mengandung antioksidan nabati yang sangat tinggi. Antioksidan ini akan menurunkan resiko adanya Penyakit Jantung. Hanya dengan meminum dua sendok setiap hari akan mengurangi resiko adanya penyakit jantung.

Dapat Mencegah Kanker
Minyak zaitun dapat mengurangi kerusakan sel, kerusakan sel ini sebenarnya sebagai pemicu terjadinya kanker. Kandungan Fenol pada minyak zaitun extra virgin dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyakit untuk menghambat proses kanker.

Menghilangkan Artritis

Di dalam minyak zaitun mengandung zat Prostaglandin yang berfngsi untuk mengatasi rasa nyeri pada sendi dan pengeroposan tulang. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun dalam campuran makanan anda sehari-hari maka secara otomatis akan membuat anti nyeri di dalam tubuh dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Atau bisa juga dengan mengoleskan minyak zaitun pada otot atau sendi yang terasa nyeri.

Dapat Mencegah Diabetes

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula di dalam darah serta risiko terjadinya diabetes akan dapat dicegah.

Menghentikan Rasa Nyeri

Minyak zaitun mengandung zat oleokantal yang dapat mencegah radang, atau hampir mirip dengan obat penghilang rasa sakit. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengolesi kulit yang terkena luka lecet, luka sobek, dan gangguan lain yang berisiko menimbulkan radang, bengkak, dan rasa nyeri.

Dapat Mencegah Osteoporosis

Minyak zaitun juga dapat membantu penyerapan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk mencegah tulang keropos.

Mengurangi Kolesterol Jahat (LDL)

Minyak zaitun sangat kaya akan antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol LDL. Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun jenis extra virgin merupakan jenis yang paling efektif menurunkan LDL. Berbagai riset membuktikan adanya fakta sangat jelas, bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya. Inilah manfaat minyak zaitun yang sering di cari orang.

Berkhasiat Layaknya ASI

Hasil riset di Universitas Barcelona, Spanyol pada bulan Februari 1996, menyimpulkan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Dan kabar baiknya adalah itu sama seperti jenis lemak yang terkenal terdapat dalam minyak zaitun. Itulah kenapa manfaat minyak zaitun sangat baik terutama saaat digunkan, karena menyerupai lemak dalam ASI

Membunuh/Mengusir Kutu Kepala

Penggunaan minyak zaitun, sangat ampuh untuk membunuh kutu kepala. Sebagai gambaran dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala 276. Inilah kenapa bisa dikatakan manfat minyak zaitun untuk membunuh kutu kepala sangat ampuh. Dan hal ini berdasarkan beberapa studi yang dilakukan di beberapa Universitas dan Akademi di Amerika, tentang kutu kepala.

Menekan Radang Sendi

Hasil riset terhadap 145 orang pengidap radang sendi di Yunani, menunjukan minyak zaitun sangat baik melindungi tubuh dari terjadinya penyakit radang sendi. Hal ini di publikasikan oleh Majalah AMJ CLIN NUTR edisi November 1999.

Mengurangi Potensi Munculnya Tukak Lambung

“Gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung” kata Dr. Samût, dari Universitas Harvard Amerika.

Berikut khasiat minyak zaitun untuk kecantikan :

1. Mambersihkan sisa makeup: Celupkan kapas  ke dalam minyak zaitun lalu oleskan pada wajah anda, sehingga anda kembali bersih seperti semula lagi.

2. Menghaluskan kutikula: Seperti biasa celupkan kuku jari anda ke dalam minyak zaitun yang hangat, sehingga minyak tersebut akan membuat kutikula melunak.

3. Melembutkan rambut yang kasar: Yang pertama siram rambut anda dengan minyak zaitun, lalu bungkus dengan kain atau handuk kemudian diamkan selama 30 menit. lakukan perawatan tersebut seminggu sekali berikan jeda setelah menunjukan perubahan yang mambaik.

4. Pengganti krim cukur: Gunakan minyak zaitun tersebut sehingga dapat melembutkan rambut - rambut yang kasar tersebut.

5. Melembabkan kulit kering: Oleskan minyak zaitun tersebut pada bagian - bagian tubuh anda yang kering.

6. Masker wajah: Oleskan minyak zaitun tersebut pada wajah anda hindari area mata setelah 5 menit kurang, bilas dengan air hangat, minyak zaitun tersebut berfungsi sebagai masker anti penuaan, gunakan secara teratur.


7. Scrub alami untuk kulit tubuh: Caranya dengan mencampur minyak zaitun dengan garam kasar, untuk membuat scrub alami. Selain membantu pengelupasan sel-sel mati, pemakaian minyak zaitun pada tubuh bisa membuat kulit lebih cerah.

8. Merawat kesehatan kulit: Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ketika mandi. Kulit tubuh pun akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih bercahaya.

9. Sebagai penyubur rambut: Minyak zaitun bisa membantu menyuburkan rambut supaya rambut lebih hitam dan lebat. Caranya cukup dicampurkan dengan shampo yang anda pakai kemudian dibilas sampai bersih.

10. Perawatan Tangan dan kuku: Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan air hangat untuk merendam tangannya 1 minggu sekali. Kebiasaan ini membuat kulit tangan dan sekitar kukunya lembut.

11. Untuk Perawatan Kaki: Kaki pecah-pecah atau kasar bisa diatasi dengan perawatan minyak zaitun. Caranya denga mengoleskan minyak zaitun ke telapak kaki dan sekitar pergelangan kaki. Bungkus dengan kaus kaki dan kenakan selama tidur pada malam hari. Kemudian bersihkan dipagi harinya. Bisa dilakukan pada tangan. Lakukan secara rutin selama satu bulan untuk hasil maksimal.

Dan berikut adalah berbagai jenis dari minyak zaitun:

Minyak Zaitun Sulingan

Minyak zaitun yang jenis pertma adalah sulingan. Jenis ini merupakan jenis minyak zaitun yang mengalami proses penyulingan lanjutan, setelah proses pertama. Warnanya kekuningan dan cocok digunakan untuk menumis. Jenis ini manfaat minyak zaitun nya sudah sangat berkurang karena sudah melewati beberapa tahap penyulingan.

Minyak Zaitun Murni

Salah satu ciri Minyak zaitun yang murni biasanya berwarna hijau kekuningan. Manfaat minyak zaitun jenis murni ini yang paling baik adalah untuk masak dengan pemanasan yang tidak terlalu lama. Jenis minyak zaitun murni adalah hasil proses lanjutan dari jenis yang extra virgin. Harga pasaran biasanya lebih rendah dari jenis sulingan dan extra virgin.

Minyak Zaitun Extra Virgin

Ciri jenis extra virgin : kehijauan, memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam. Minyak ini sangat tidak disarankan untuk menumis atau menggoreng karena kadar minyaknya yang rendah. Cara mengambil manfaat minyak zaitun jenis extra virgin adalah langsung dikonsumsi.


oya satu lagi guys yang harus kalian ketahui, meskipun minyak zaitun diproduksi dengan kualitas yang baik, namun jika usianya sudah lama, maka anda tidak akan mendapat manfaat yang dijanjikannya," ujarnya. Coleman menganalogikan, memilih minyak zaitun hampir sama seperti memilih wine. Harus dibeli saat masih di botol, diperhatikan jenis zaitun yang digunakan, dan dari daerah mana minyak tersebut berasal."Saat A
anda merasakan minyak yang sangat bagus kualitasnya, maka Anda akan sadar ada sedikit rasa pedas yang menggelitik di kerongkongan setelah menelannya," jelasnya. Rasa pedas tersebut, imbuhnya, berasal dari senyawa oleokantal yang merupakan antioksidan. Semakin terasa sensasi pedas yang Anda rasakan, kandungan oleokantal dalam minyak zaitun tersebut semakin tinggi. Ini berarti semakin baik khasiatnya untuk tubuh. Menurut Coleman, faktor harga juga penting untuk menentukan kualitas minyak zaitun. "Umumnya minyak zaitun dengan harga yang relatif murah mencampur minyak zaitun lama dengan yang baru," ungkapnya. Dia menuturkan, warna minyak zaitun tidak menentukan kualitas. Sebaliknya, warna botol justru menjadi faktor penting penentu kualitas minyak tersebut. Coleman pun menyarankan untuk memilih botol dengan warna yang gelap dan terbuat dari kaca, guna mencegah minyak dari reaksi foto-oksidasi yang dapat merusak kualitasnya.




Demikian informasi tentang Manfaat Kegunaan Dari Minyak Zaitun yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat untuk kalian.

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Ternyata setelah saya membaca semua artikel ini, banyak juga dari Manfaat serta Khasiat Minyak Zaitun tidak Cuma dengan serupa, bahkan lebih dari satu manfaat dari Minyak Zaitun ini, memang web ini menyuguhkan artikel yang sangat bagus dan baik, enak dibaca dan juga dipahami, salam sehat buat pemegang web ini, dan tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk saling mengetahui : Manfaat serta Khasiat Minyak Zaitun

    Salam sehat, dan panjang umur. amin

    ReplyDelete

Popular Post

Blogger templates

Labels

Powered by Blogger.

Translate

Categories

- Copyright © Berita Kita -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -